Aku pensiun dibulan ini, tepat tanggal 1 bulan ini adalah harapan aku untuk mendapatkan gaji pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) namun setelah aku cek aplikasi mobile aku ternyata tidak ada penambahan saldo masuk, Ok aku sabar untuk menunggu transfer, karena menurut info yang aku dapat katanya antara tanggal 1 sampai dengan tanggal 5, akhirnya aku tunggu sampai tanggal 5, disela waktu menunggu aku di chat teman yang menanyakan tentang otentikasi, setelah itu aku balik balik tanya tentang gaji pensiun sudah masuk apa belum, jawabnya sudah tanggal 1 awal bulan itu sekaligus dengan uang THT.
Aku semakin gusar, untuk aku kok belum masuk. Akhirnya tanggal 5 bulan ini aku datang ke KCP (Kantor Cabang Pembantu) Taspen di Simpang 3 Jombang, dan petugasnya hanya ada hari Selasa saja.
Keperluan aku datang ke KCP Taspen Jombang dengan maksud pertama menanyakan otentikasi yang belum bisa masuk dengan benar, dan jawabnya dari petugas memang belum nanti setelah dua bulan berjalan bisa masuk dengan lancar. OK.
Selanjutnya petugas itu bertanya "Untuk THT sudah masuk kan?" jawab aku "Lha ya itu, aku juga mau tanya itu, sampai sekarang belum ada", Setelah itu petugas meminta bantuan temannya untuk ngecek data yang ada, dan ternyata setalah dibuka data saya tertera TMS (Tidak Memenuhi Syarat) karena masih menggunakan formulir lama, Akhirnya aku diminta untuk mengajukan ulang dengan formulir model baru yang diberikan petugas.
Setelah itu aku segera mengisi formulir model baru itu, dan selanjutnya di upload melalui web Taspen dengan alamat url: https://tos.taspen.co.id/ dengan disertai dokumen pokok yang disyaratkan oleh PT. Taspen.
Sore hari melalu website tos.taspen.co.id aku coba pelajari isi website taspen tersebut, dan akhirnya aku temukan tempat untuk melacak pengajuan, aku coba buka dan aku ikuti aturannya yaitu memasukkan nomor tiket dan memasukkan password. Nomor Tiket dan Password ini didapat melalui SMS dari Taspen bila pengajuan klaim berhasil.
Dan akhirnya aku bisa mengetahui satus pengajuan klaim aku. di tanggal 5 sore statusnya tertulis "Sedang Proses", berikut tanggal 6 aku coba buka lagi dan pada status tertulis "Verifikasi" kemudian pada tanggal 7, aku cek lagi pada status tertulis "Memenuhi Syarat" dengan melihat ini hatiku jadi lega.
Pada tanggal 8 aku menghubungi petugas Taspen yang ada di Surabaya, disini aku dapat penjelasan dan diberikan juga lembar perhitungan klaim dan lembar perhitungan hak pensiun pertama. Aku masih tetap bertanya "membaca rencana bayar 07-11-2024 itu artinya cair bulan ini?". Petugas itu membalas "siapp inggih bisa dicek senin"
Dari sini ada sebuah pengalaman, yaitu pengajuan klaim Taspen secara Online terdapat fitur Lacak Pengajuan Online yang fungsinya untuk mengetahui status perjalanan pengajuan kita, mulai dari "Sedang Proses", "Verifikasi", "Memenuhi Syarat atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS)".
Di akun Aku yang terjadi tidak dilakukan pelacakan sehingga tidak tahu status pengajuan aku memenuhi syarat atau tidak, sehingga tepat pada waktu yang seharusnya aku terima gaji pensiun dan THT, aku tidak menerima, dan semua ini baru aku ketahui setalah aku melakuan konsultasi ke petugas Taspen, yang mana pengajuan klaim aku TMS.
Untuk teman-teman yang akan pensiun supaya memahami hal ini, syukur kalau bisa membuat akun taspen dan bisa mengecek pengajuan klaimnya kapan saja. setidaknya untuk membuat hati lebih tenang tidak lagi was-was, selain itu bisa mengetahui Estimasi Manfaat Pensiun dan THT. Terima kasih.
Tentang Web TOS Taspen
Fitur yang ada:
- Kartu Digital
- Antrean Online MPP
- Klaim Online
- Pengajuan Non Klaim
- Lacak Pengajuan Online
- Estimasi Manfaat THT dan Pensiun
- Pensiun Bulanan
- E-SPT Pajak Pensiun
- Status Otentikasi
- TASPEN Care
- Informasi Pensiun Pokok
- Survey Kebutuhan Peserta
---(denwq)---